The application of the Contextual Teaching and Learning (CTL) Model can Improve Learning Outcomes of Knowing the Standard Time Unit for Class II A Students of SD Negeri 1 Panunggalan Semester 2

Siti Murniwati

Abstract

Kurangnya motivasi guru dalam inovasi pembelajaran memberikan dampak pada peningkatan hasil belajar siswa kelas II A pada materi mengenal waktu, dan tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik materi Satuan Waktu Baku melalui pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada kelas II A SD Negeri 1 Panunggalan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam proses pembelajaran dan hasil tes akhir, maka nilai hasil akhir pembelajaran siklus I dari 24 orang peserta didik yang mendapat nilai ≥ 75 hanya 18 orang peserta didik dengan rata-rata kelas 81,67 dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 24 orang peserta didik yang nilainya ≥ 75 dengan rata-rata kelas 90,42. Hal ini telah menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada materi materi mengenal satuan waktu.

Keywords

Contextual Teaching and learning (CTL), hasil belajar, satuan waktu baku

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.