Analysis of Beginning Reading Ability in Grade I Students of SD Negeri 1 Sidokumpul District Patean Kendal Regency Academic Year 2021/2022

Endang Sukowati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor penghambat membaca permulaan pada siswa kelas 1 SD Negeri 1 Sidokumpul dan alternatif solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi kesulitan dalam membaca permulaan. Metode penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor penghambat membaca permulaan pada siswa kelas 1 SD Negeri 1 Sidokumpul diantaranya yaitu: faktor intelektual, faktor lingkungan, kurangnya motivasi dari pihak keluarga, dan minat membaca siswa yang rendah. sedangkan alternatif solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi kesulitan dalam membaca permulaan yaitu : guru kelas lebih memprioritaskan dan memberi perhatian khusus kepada anak-anak yang mengalami kesulitan; menjalin hubungan kerjasama yang baik antara guru kelas dan orang tua siswa; orang tua harus lebih memperhatikan/memantau anak dalam belajar membaca; dan minat siswa harus dikembangkan dan dilatih terus menerus. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi berupa pemikiran guna kemajuan kemampuan dalam pembelajaran membaca permulaan bagi siswa kelas 1.

Keywords

faktor penghambat, membaca permulaan, siswa kelas 1

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.