Edupreneurship for The New Generation

Budiono Budiono, Risky Dwiprabowo

Abstract

Guru merupakan ujung tombak pendidikan. Oleh karena itu guru harus memiliki kompetensi di bidang pengajaran. Selain memiliki kompetensi guru juga harus dilengkapi dengan kemampuan untuk berinovasi dan kreatif. Lembaga Perguruan Tinggi Keguruan (LPTK) sebagai pencetak calon guru harus mampu menghasilkan guru yang memilik 10 kompetensi dasar guru untuk memenuhi tuntutan dunia pendidikan di abad 21 . UNESCO memberikan rekomendasi 4 pilar dalam bidang pendidikan salah satunya adalah learning to be atau (belajar untuk menjadi/mengembangkan diri sendiri). Salah satu alternatif untuk untuk membekali sehingga guru memiliki daya saing adalah memberikan wawasan tentang edupreneurship. Edupreneurship dengan konsep kewirausahaan menempatkan kreatifitas dan inovatif didalamnya. Diharapkan bukan bertujuan mencetak guru sebagai pengusaha, namun mencetak guru untuk berinovasi dan berpikir kreatif. Tujuan dari penulisan ini adalah memberikan wawasan dan penerapan tentang edupreneurship untuk generasi baru. Genarasi baru yang terjun ke dunia pendidikan khususnya mejadi tenaga pendidik (guru) dapat menerapkan edupreneruship, mengaplikasikan karakter wirausaha didalam dunia pendidikan. Sehingga dapat menjadi uru yang inovatif dan kreatif akan mempu mengembangkan atau bahkan menciptakan hal baru dalam dunia pendidikan.

Keywords

guru, edupreneur, inovasi, kreatif

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.