Implementasi Project Based Learning (PJBL) Berpendekatan Kontekstual Terhadap Kreativitas Peserta Didik

Suci Rahayu

Abstract

Sains sebagai proses inkuiri menerapkan metode ilmiah dalam memecahkan permasalahan dan menemukan konsep baru. Dalam proses inkuiri atau penemuan diperlukan kemampuan khusus dalam berfikir maupun bertindak. Salah satu kemampuan yang perlu dikembangkan adalah kemampuan siswa untuk berfikir kreatif. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji pengaruh project based learning (PjBL) berpendekatan kontekstual terhadap kreativitas peserta didik. Penelitian ini menggunakan post test control group design. Penelitian ini menggunakan cluster random sampling untuk menentukan dua kelompok penelitian. Kelompok eksperimen diberikan pembelajaran dengan model PjBL berpendekatan kontekstual dan kelompok kontrol diberikan pembelajaran secara konvensional. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah macam metode pembelajaran dan variabel terikatnya adalah kreativitas peserta didik. Rata- rata skor kreativitas peserta didik pada kelompok eksperimen adalah 7,52 dan 6,78 untuk kelompok kontrol. Hasil uji-t menunjukkan terdapat perbedaan signifikans pada kreativitas peserta didik antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penggunaan PjBL berpendekatan science edutainment memberikan pengaruh yang signifikans terhadap kreativitas peserta didik.

Keywords

Project Based Learning (PJBL), kreativitas, science edutainment

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.