Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Model Discovery Learning pada Gaya dan Gerak di Kelas VI Sekolah Dasar
Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa secara klasikal pada materi gaya dan gerak 61,11 % belum memenuhi kriteria ketuntasan minimum yang ditetapkan sekolah yaitu 75. Alternatif yang mungkin dilakukan adalah dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa, mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran pada konsep Gaya dan Gerak dengan menggunakan model Discovery Learning. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus danĀ tiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri Hatungun 1 yang berjumlah 18 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes untuk hasil belajar kognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan Hasil Belajar siswa dalam proses pembelajaran. Hasil belajar siswa berdasarkan penilaian postes bertahan dengan ketuntasan klasikal 100% untuk setiap siklusnya. Hasil belajar proses meningkat dari 69,72 pada siklus I menjadi 87,32 pada siklus II. Hasil belajar psikomotor meningkat dari 52,98 pada siklus I menjadi 92,59 pada siklus II. Keterlaksanaan tahapan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada siklus I 72,70% meningkat menjadi 89,47% pada siklus II.
Keywords
Discovery Learning, hasil belajar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.