Inquiry Based Learning dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pelajaran Matematika
Abstract
Kehidupan manusia hanya berisi tentang proses belajar, belajar yang diawali dari menghirup napas dan diakhiri dengan menghela napas, artinya selama manusia masih bernyawa selama itu pula ia akan terus belajar. Pada jenjang pendidikan sekolah dasar, masih banyak yang menjadikan guru sebagai subjek belajar sehingga kurang melatih kemampuan berpikir anak. Tidak sedikit guru masih menggunakan metode-metode konvensional walaupun materi dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai itu berbeda. Terutama pada pembelajaran matematika yang memang biasanya guru menggunakan metode ceramah. Pada artikel ini, dapat digunakan sebagai salah satu bahan referensi dalam menggunakan model pembelajaran matematika, yaitu model pembelajaran inkuiri atau inquiry based learning. Strategi inkuiri menekankan pada aktivitas siswa secara maksimal untuk mencari dan menemukan, artinya pendekatan inkuiri menempatkan siswa sebagai subjek belajar. Seluruh aktivitas yang dilakukan siswa diarahkan untuk mencari dan menemukan sendiri dari sesuatu yang dipertanyakan, sehingga diharapkan dapat menumbuhkan sikap percaya diri yang artinya dalam pendekatan inkuiri guru ditempatkan bukan sebagai sumber belajar, melainkan sebagai fasilitator dan motivator belajar siswa. Tujuan dari penggunaan strategi pembelajaran inkuiri adalah mengembangkan kemampuan intelektual sebagai bagian dari proses mental.
Keywords
Inquiry Based Learning, matematika
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.