STAD-Type Cooperative Learning in IPS Lessons in Elementary School
Abstract
Berhasil atau tidaknya suatu pembelajaran tidak lepas dari metode atau metode pengajaran yang diterapkan oleh guru di sekolah. Oleh karena itu, guru dituntut untuk dapat memilih model pengajaran yang tepat dan inovatif dalam menyajikan pelajaran. Mata pelajaran IPS perlu diberikan kepada semua siswa mulai dari sekolah dasar untuk membekali mereka dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif serta kemampuan bekerja sama. Pembelajaran kooperatif merupakan strategi pembelajaran dimana siswa belajar dalam kelompok-kelompok kecil yang memiliki tingkat kemampuan yang berbeda-beda. Kajian ini bertujuan untuk mendiskripsikan prinsip utama STAD dan langkah pembelajaran kooperatife tipe STAD. Hasil kajian pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses dalam setting pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat mengubah pembelajaran dari teacher center menjadi student centered.
Keywords
Pembelajaran Kooperatif, STAD, IPS
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.