Aplikasi Merode Bernyanyi ( Singing Method ) Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Alat Peraga dalam Meningkatkan Motivasi dan Keaktifan Siswa Kelas 1 SD Negeri 009 Balikpapan Utara

Jumiati Jumiati

Abstract

Pada proses pembelajaran, metode pembelajaran dapat mempengaruhi hasil belajar, juga dapat memotivasi dan merangsang keaktifan siswa. Maka dari itu dilakukanlah penelitian ini yang dilaksanakan di SD Negeri 009 Balikpapan Utara   pada semester I tahun pelajaran 2019/2020, dengan subyek penelitian adalah siswa kelas I SD. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan keaktifan pada pelajaran Bahasa Indonesia melalui metode bernyanyi (Singing Method) dengan alat Peraga. Penelitian  ini dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan kelas. Instrumen penelitian ini diperoleh dari data perkembangan siswa seperti observasi aktivitas siswa selama proses belajar mengajar.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keaktifan dan motivasi siswa. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah Metode Bernyanyi (Singing Method) dengan menggunakan alat peraga dapat meningkatkan motivasi dan keaktifan siswa Kelas I SD Negeri 009 Balikpapan Utara.

Keywords

Metode bernyanyi, alat peraga, Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.