Efforts to Increase Mathematics Learning Outcomes on Materials Solving Problems Related to The Operations of Negative Numbers Through The Problem Solving Method in Class VI SDN 20 Batu Bulek, Lintau Buo Utara District Tanah Datar District

Zulnil A S

Abstract

Kurikulum 2013 menuntut siswa memiliki keterampilan abad 21 untuk menghadapi tantangan zaman di era globalisasi. Pembelajaran selama ini  untuk penanaman konsep abad 21 belum telaksana sesuai harapan karena proses pembelajaran  masih dominan di diminasi oleh guru yang berdampak kepada hasil belajar siswa yang tergolong rendah.. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan metode Problem Solving. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research). Prosedur penelitian terdiri dari : tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Data penelitian diperoleh dengan tes tulisan serta menggunakan lembaran observasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI tahun pelajaran 2019/2020 pada semester I sebanyak 38 Orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa analisis penelitian dapat disimpulkan dengan melalui metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi bilangan bulat negatif di kelas VI SDN 20 Batu Bulek Kecamatan Lintau Buo Utara Kabupaten Tanah Datar.

Keywords

Hasil belajar, pembelajaran matematika, metode problem solving

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.