Pentingnya Media Audio Visual Dalam Peningkatan Hasil Belajar Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan media audio visual pada Mata Pelajaran IPS kelas VI semester I tahun pelajaran 2019/ 2020 di SDN 07 Seranggam. Penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas dengan model problem based learning (PBL) dengan tiga siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil belajar peserta didik dalam penelitian membuktikan bahwa dengan media audio visual adanya peningkatan hasil belajar peserta didik setiap siklus. Pada siklus I hasil belajar peserta didik pertemuan 2 yang mendapat ketuntasan hanya 70,59% kemudian pada siklus II adanya peningkatan persentase hasil belajar mencapai 82,35%. Pada siklus III juga adanya kenaikan lagi hasil belajar sebesar 100 %. Hasil dari siklus I sampai dengan siklus III ini memberi dampak postif bagi kemajuan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan observasi dan pembahasan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS kelas VI SDN 07 Seranggam tahun ajaran 2019/2020.
Keywords
Media audio visual, hasil belajar, pembelajaran IPS
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.