Pendekatan Pembelajaran di Sekolah Dasar
Abstract
Masih banyak guru yang menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional. Guru belum sepenuhnya melibatkan siswa untuk menemukan sendiri konsep pembelajaran, sehingga siswa cenderung sebagai pendengar yang pasif. Sehingga masih banyak siswa yang memiliki hasil belajar yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk membantu guru dalam menentukan pendekatan pembelajaran yang tepat untuk diimplementasikan pada proses pembelajaran agar siswa dapat terlibat secara aktif sehingga mereka dapat meningkatkan hasil belajar mereka. Dalam artikel ini akan dijelaskan beberapa pendekatan pembelajaran yang dapat diterapkan di Sekolah Dasar antara lain sebagai berikut: (1) Model Contextual Teaching and Learning (CTL), (2) Pendekatan Kontruktivisme, (3) Pendekatan Saintifik TPACK.
Keywords
pendekatan pembelajaran kontekstual (CTL), pendekatan pembelajaran konstruktivisme, pendekatan saintifik TPACK
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.