Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 161/X Simbur Naik
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada mupel IPA di sekolah dasar kelas IV dengan menggunakan metode eksperimen. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Dengan jumlah siswa sebanyak 16 orang. Berdasarkan hasil analisis data penelitian didapatkan bahwa tingkat ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 68,75%, dan pada siklus II naik menjadi sebesar 87,5% (kategori baik sekali). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode eksperimen pada pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 161/X Simbur Naik, Muara Sabak Timur, Kabupaten Tanjung Jabung Timur.
Keywords
Metode demonstrasi. perubahan wujud benda. pembelajaran ilmu pengetahuan alam
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.