The Application Of The Problem Centered Learning (PCL) Learning Model Towards Students' Creative Thinking at State Elementary School 086 Dalan Lidang For The Academic Year 2019/2020

Hendri Supriadi

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Centered Learning (PCL) terhadap berpikir siswa kelas IV SD Negeri 086 Dalan Lidang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu, dengan teknik group sampling atau sampel cluster sehingga sampel yang diperoleh adalah kelas IV-A yang berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Objek penelitian ini adalah tingkat berpikir kreatif siswa pada materi pengukuran. Teknik dan alat pengumpulan data berupa tes untuk mengukur hasil belajar matematika dan angket untuk mengukur berpikir kreatif dalam pembelajaran matematika. Data aktivitas siswa dan pelaksanaan pembelajaran dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi.

Keywords

Problem Centered Learning (PCL), berpikir kreatif, pengukuran, matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.