Dampak Penggunaan Gadget Bagi Perkembangan Sosial Peserta Didik Di Sekolah Dasar

Pujian Muslim

Abstract

Penulisan artikel ini bertujuan untuk menganalisis serta mengkaji mengenai dampak penggunaan gadget bagi perkembangan sosial peserta didik di sekolah dasar. Artikel ini merupakan hasil kajian dan analisis dari berbagai literatur yang memiliki keterkaitan dengan topik pembahasan. Adapun model yang saya gunakan adalah studi literatur atau lirature riview. Sehingga hasilnya menunjukan bahwa sebagian besar peserta didik di tingkat sekolah dasar menggunakan gadget hanya untuk bermain game online, membuat konten di aplikasi tiktok, dan menonton film animasi yang seharusnya gadget dapat dipergunakan untuk menggali pengetahuan atau dijadikan sebagai media pembelajaran bagi peserta didik dalam mengembangkan wawasannya. Sehingga dalam hal ini sangat diperlukan pengawasan yang intens oleh orang tua selaku penanggung jawab utama agar selalu mengingatkan dan memberikan kontrol pada semua kegiatan anak dalam menggunakan gadget sehari-hari. Hal ini harus dilakukan untuk meminimalisir sisi negatif dari dampak penggunaan gadget pada anak serta guru harus dilibatkan agar sinergitas antara orang tua dan guru dapat berjalan dengan optimal. sudah seharusnya peserta didik di tingkat sekolah dasar dapat diarahkan untuk selalu melakukan eksplorasi kegiatan yang lebih mengasah kepada kemandirian, motorik maupun pengetahuannya

Keywords

gadget, perkembangan sosial anak sekolah dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.