Application of Blended Learning With The Teams Games Tournament (TGT) Model to Improve Student Learning Outcomes For Class VI SDN Kropak Rongkop

Andar Wibowo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Blended Learning dengan Model Teams Games Tournament pada proses pembelajaran  terhadap hasil belajar siswa pada masa Pandemi Covid 19. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas 6 SDN Kropak Rongkop dengan jumlah 23 siswa. Teknik Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif komparatif, yaitu membandingkan skor hasil belajar siswa pada pra siklus, siklus I, dan siklus II. Penilaian kognitif dapat dilihat dari tes akhir siswa. Selain itu analisis data juga dilakukan dengan menggunakan uji-t, dengan kriteria t hitung > t tabel. Hasil penelitian pada pra-siklus diperoleh data dari 23 siswa ada 8 siswa (34,78%) yang tuntas (≥70) dan 15 siswa (65,22%) belum tuntas (<70) dengan nilai rata-rata kelas 63,47.  Jadi dapat disimpulkan hasil pembelajaran pra siklus dengan siklus I dan siklus I dengan siklus II adalah signifikan. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan jika penerapan Blended Learning dengan Model Teams Games Tournament pada proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Keywords

Hasil Belajar, Blended Learning, Teams Games Tournament

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.