Implementasi Metode Silaba Pada Ketrampilan Membaca Permulaan Sekolah Dasar Di Masa Pembelajaran Online
Abstract
Penelitian ini bermaksud mengetahui bagaimana metode silaba dapat di implementasikan pada ketrampilan membaca permulaan sekolah dasar di masa sekolah daring. Di dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dengan implementasi metode silaba dapat berjalan sesuai dengan metode pembelajaran yang sudah ditetapkan untuk dapat dilakukan tindakan di wilayah sekolah dasar. Subjek dari penelitian ini merupakan siswa kelas 1 SD Plus Rahmat Kota Kediri sebagai bahan penelitian. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dimana analisis datanya berupa deskriptif . dalam pengumpulan datanya menggunakan tes kepada para siswa kelas 1 SD Plus Rahmat Kota Kediri. Dalam penelitian ini terdapat hasil dari penelitian yaitu menunjukan bahwa metode silaba pada sekolah daring sangat sulit diterapkan, siswa tidak dapat di pantau dengan baik, adanya campur tangan orang tua akibatnya menurunnya tingkat membaca pada siswa. Dengan adanya pandemi siswa banyak yang menggunakan teknologi untuk bermain dan tidak lagi untuk membaca. Kesimpulan dalam penelitian ini, implementasi metode silaba jika dilakukan dimasa sekolah daring banyak sekali kendala yang harus dilewati dan pencampaian tidak akan 100% karena beda dengan tatap muka yang dapat dijelaskan dengan baik kepada siswa sehingga ketrampilan membaca permulaan siswa akan lebih meningkat.
Keywords
Metode Silaba, sekolah dasar, ketrampilan membaca
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.