Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas I Sekolah Dasar

Atin Sofatin

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini yaitu menerapkan model pembelajaran discovery learning. Penelitian dilakukan di SDN 1 Pegagan dan dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Dengan jumlah siswa sebanyak 43 orang yang terdiri dari 23 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Pada satu siklus terdiri dan 2 kali pertemuan dan 1 kali Ulangan Harian (UH). Dengan diterapkan model pembelajaran discovery learning meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Dari skor dasar meningkat pada siklus I sebesar 11,98% menjadi 80,00. Dari skor dasar ke ulangan harian II meningkat sebesar 14,59% menjadi 81,86%. Aktifitas guru pada Siklus I, pertemuan pertama sampai kedua mengalami peningkatan 15,79% dari 67,86% menjadi 78,57%. Pada Siklus II, Peningkatan 8,33% terjadi pada pertemuan satu sampai kedua dari 85,71% menjadi 92,86%. Aktifitas siswa pada Siklus I, pertemuan pertama sampai kedua mengalami peningkatan 18,75% dari 57,14% menjadi 67,86%. Pada siklus II pertemuan pertama sampai kedua mengalami peningkatan 13,64% dari 78,57% menjadi 89,29%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas I A SDN 1 Pegagan.

Keywords

discovery learning, hasil belajar, IPA, sekolah dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.