Pengaruh Literasi pada Pembelajaran Tematik terhadap Hasil Belajar Siswa
Abstract
Pada kegiatan literasi mempengaruhi hasil belajar siswa. Maka rendahnya hasil belajar dapat dipengaruhi karena kurangnya literasi siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan literasi pada anak dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN se-Kecamatan Jeruklegi tahun ajaran 2019/2020 dan mengetahui besarnya sumbangan terhadap hasil belajar anak siswa kelas IV se- Kecamatan Jeruklegi tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian untuk menumbuhkan semangat literasi sehingga siswa dapat memperoleh pengetahuan dalam mengerjakan soal ,LKPD dalam pembelajaran tematik. Guru dapat memantau pembelajaran siswa dengan hasil yang diperoleh.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara penerapan literasi dalam pembelajaran dan hasil belajar siswa kelas IV dengan tingkat korelasi rendah yaitu sebesar 0,256. Nilai sumbangan efektif variabel penerapan literasi terhadap hasil belajar Tematik yaitu 5,96%. Berdasarkan analisis dan pembahasan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara penerapan literasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN se-Kecamatan Jeruklegi tahun ajaran 2019/2020
Keywords
Pengaruh literasi, hasil belajar, pembelajaran tematik
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.