Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Integrated Rading and Composition (CIRC) dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia
Abstract
Banyak guru yang melaksanakan kegiatan belajar megajar sebatas pada tugas guru yaitu memberi materi dan siswa sebagai penerima. Guru menyampaikan informasi dan mengharapkan peserta didik untuk menghafal dan mengingatnya. Pada situasi ini kebanyakan peserta didik menerima pengetahuan secara pasif, sangat jauh dari harapan dan tujuan Pendidikan itu sendiri. Untuk meningkatkan minat peserta didik dalam pelajaran Bahasa Indonesia, guru dituntut untuk menerapkan metode pembelajaran yang tepat. Berdasarkan permasalahan ini peneliti melakukan upaya perbaikan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Rading And Composition (CIRC) dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Model pembelajaran CIRC menuntut peserta didik lebih aktif dalam menyelesaikan permasalahan dan meningkat kan kerja sama antar siswa. Dengan demikian peserta didik akan lebih mudah memahami materi yang diajarkan, sehingga nilai kognitif, pisikomotorik dan afektif dapat tercapai secara optimal.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.