Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Bagian Tubuh Hewan Dan Fungsinya Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Pada Peserta didik Kelas IV SD

Tuti Andriani

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada materi bagian tubuh hewan dan fungsinya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif pada peserta didikĀ  kelas IV SD No.113/VI Muara Madras II, penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), yang di laksanakan selama 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan,observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV berjumlah 29 orang. Data yang di ambil adalah data kualitatif yaitu data hasil observasidiperoleh dari hasil pengamatan situasi pembelajaran.Serta data kuantitatif yaitu data hasil hasil belajardiperolehdari hasil tes. Hasil penilitian siklus I di peroleh tuntas individu 15 orang dan tidak tuntas 14 orang dengan persentase daya serap klasikal 62,28 % dan ketuntasan belajar klasikal 51,72%.Hasil observasi guru sesuai pengamatan diperoleh68,75% dan hasil observasi siswa diperoleh 62,5%. Siklus II ituntas individu28 orang dan tidak tuntas individu I orang dengan persentase daya serap klasikal 86,21% dan ketuntasan belajar klasikal 96,55%. Hasil observasi guru sesuai pengamatan di peroleh 92,97% dan hasil observasi siswa di peroleh 83,59%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar belajar siswa.

Keywords

Hasil belajar, IPA, pembelajaran kooperatif

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.