Pendekatan PAKEM untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika tentang Penjumlahan Bilangan Bulat

Maria Goreti Mimu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika tentang penjumlahan bilangan bulat melalui penerapan pendekatan PAKEM. Guru dalam pembelajaran hanya menggunakan pendekatan konvensional dengan menerapkan metode ceramah dan latihan saja. Peneliti berasumsi bahwa proses pembelajaran yang membosankan menjadi faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Diperlukan sebuah pendekatan yang dapat memberikan kesan menyenangkan bagi siswanya dalam belajar, salah satunya pendekatan PAKEM. Pendekatan PAKEM dapat menjadikan proses pembelajaran di kelas menjadi menyenangkan sehingga pembelajaran lebih bermakna bagi siswanya. Berdasarkan permasalahan tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pendekatan PAKEM untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika tentang penjumlahan bilangan bulat. Adapun secara terperinci tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan PAKEM pada mata pelajaran matematika materi bilangan bulat. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan PAKEM dalam proses pembelajaran tentang menjumlahkan bilangan  bulat dapat meningkatkan keaktifan belajar bagi siswa dan penggunaan pendekatan PAKEM pada penjumlahan bilangan bulat dapat meningkatkan hasil belajar matematika

Keywords

PAKEM, hasil belajar, bilangan bulat

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.