Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika dengan Penerapan Pembelajaran Kooperatif
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika dengan penerapan pembelajaran kooperaktif berupa metode diskusi kelompok yang menyenangkan. Penyebab rendahnya aktifitas dan pemahaman siswa dalam belajar adalah keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran masih belum maksimal. Guru lebih banyak mendominasi kegiatan dan menganggap siswa sebagai pihak yang harus diberi ilmu. Pembelajaran matematika yang sesungguhnya tidak menuntut siswa untuk menghafal, pada kenyataannya lebih dipaksa untuk menghafalkan. Pada saat menghadapi soal yang berhubungan dengan perhitungan siswa akan mengalami kesulitan. Makin meningkat kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh siswa makin besar kesulitan yang dialami. Sampai pada akhirnya dianggap pelajaran matematika merupakan pelajaran yang sulit dan membosankan, bahkan menakutkan. Diperlukan sebuah pembelajaran yang dapat memberikan kesan menyenangkan siswanya dalam belajar, dengan meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan penerapan pembelajaran kooperatif berupa metode diskusi kelompok yang menyenangkan.
Keywords
Pembelajaran kooperaktif, metode diskusi, minat dan hasil belajar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.