Application of Demonstration Method Based on Real object props to improve learners' learning outcomes about electrical energy in class IV Elementary School

Robina Sadila

Abstract

Metode pertunjukan adalah tentang proses terjadinya suatu peristiwa atau benda sampai pada tingkah laku yang dicontohkan agar dapat diketahui dan dilihat oleh peserta didik secara nyata atau tiruannya. Dari hasil siklus I perbaikan pembelajaran IPA masih kekurangan dalam menerapkan metode demonstrasi dan pada saat pembelajaran,guru dalam menjelaskan materi dan kurang memandu dalam melaksanakan percobaan demonstrasi. Dalam hal ini, dapat dilihat rata-rata perolehan nilai yang hanya mencapai angka 70 yang pada pra siklus mencapai angka sebesar 14,66. Oleh karena itu peneliti melanjutkan perbaikan pembelajaran pada Siklus II. Setelah kegiatan perbaikan pembelajaran IPA Siklus II, terdapat peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai peserta didik yang rata-rata pada Siklus I 70 pada Siklus II mencapai nilai 81,33.Pemahaman peserta didik terhadap materi hanya dapat ditingkatkan dengan penggunaan metode yang relevan, terbukti dari rata-rata peserta didik dari evaluasi awal 51,33 pada siklus I naik menjadi 70,00 dan pada siklus II perolehan nilai rata-rata sangat memuaskan yaitu mencapai angka 81,33. Interaksi peserta didik dan guru yang baik dalam proses pembelajaran dapat memotivasi peserta didik untuk belajar lebih giat dalam pembelajaran IPA.

Keywords

Pembelajaran, IPA, Metode Demonstrasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.