Improving Student Understanding And Activity In Learning Science Through Environmental Approach In Class IV SDN Karanganyar 01
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pendekatan lingkungan pada pembelajaran IPA dengan kerja kelompok sebagai upaya perbaikan dan peningkatan pemehaman dan keaktifan siswa serta prestasi belajar siswa. Metode penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui empat tahapan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflektion). Keempat tahapan ini berlangsung secara berulang.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pendekatan lingkungan pada pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri Karanganyar 01,pemahaman dan keaktifan siswa dalam pembelajaran dibuktikan dengan pretasi yang meningkat. Pada siklus I keberhasiln siswa meningkat menjadi 62,50 %. Pada siklus II juga terjadi eninglatan yang signifikan menjadi 91.66 %.Nilai rerata kelas pafa siklus I mencapai 70,41 dan pada siklus II mencapai 79,58.. Berdasarkan perolehan data tersebut dapt disimpilkan bahwa model pendekatan lingkungan dengan kerja kelompok dapat digunakan dalam penelitian tindakan kelas.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.