The Relationship Between Storying Skills Through Hands up to Students' Skills In Class Iii Students of SD Negeri 2 Brangkal

Alinda Paramita

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan keterampilan bercerita menggunakan media boneka tangan pada siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Penelitian tindakan kelas adalah penelitian praktis yang dimaksud untuk memperbaiki pembelajaran di kelasĀ  yang bertujuan sebagai refleksi guru. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas III yang terdiri dari 23 siswa. Teknik pengumpulan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini berupa lembar pengamatan, tes evaluasi, dan foto dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Uji validitas menggunakan expert judgment. Hasil penelitian pratindakan diketahui rata-rata kelas sebesar 69,25 dengan persentase ketuntasan kelas 26,09%. Pada siklus I yaitu rata-rata kelas sebesar 74,78 dengan ketuntasan kelas mencapai 43,48%, kemudian pada siklus II mencapai rata-rata kelas menjadi 82,22 dan untuk persentase ketuntasan kelas menjadi 85,61% pada siklus II. Tindakan pada siklus II sudah mencapai ketuntasan, maka penelitian sudah dapat dikatakan berhasil karena sudah mencapai indikator keberhasilan tindakan yang ditetapkan sebelumnya yaitu sebesar 85%.

Keywords

Keterampilan bercerita, media boneka tangan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.