Hubungan Media Audio Visual Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD
Abstract
Penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas atau classroom research yang bertujuan untuk mengimplementasikan media pembelajaran berupa audio visual dalam kegiatan pembelajaran matematika sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar. Untuk mencapai tujuan tersebut penulis melakukan penelitian di Sekolah Dasar Negeri Abadijaya 3 Kecamatan Sukmajaya Depok.Penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas menurut Kemmis menggunakan siklus, setiap siklus melalui lima tahapan kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, Tindakan, Pengamatan, refleksi.Penelitian ini dilakukan di kelas IV dengan jumlah siswa sebanyak 37 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebelum dilakukan tindakan 2,28 setelah dilakukan tindakan pada siklus kesatu mencapai 5,21 Siklus kedua mencapai 7,51. Dengan demikian secara statistik terjadi peningkatan yang signifikan pada prosentase proses belajar dan hasil belajar siswa sebelum dilakukan tindakan dengan sesudah dilakukan tindakan baik pada siklus kesatu dan kedua. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar matematika sebesar 2,28 % di Sekolah Dasar Negeri Abadijaya 3 Kecamatan Sukmajaya Depok.
Keywords
Media audio visual, pembelajaran matematika
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.