Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang kelas 1 SDN 2 Pangkalan
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi bangun ruang. Hasil belajar siswa dalam materi tersebut belum mampu mencapai KKM.Tujuan dari adanya penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran make a match untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika .Subjek penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas I SDN 2 pangkalan yang berjumlah 6 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, Setiap siklus terdiri dari empat tindakan utama yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan teknik observasi.Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah deskripsi kuantitaif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran make a match dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dengan adanya perubahan kemampuan dan meningkatnya nilai rata-rata yang diperoleh siswa setelah melakukan perbaikan pembelajaran.Nilai rata-rata pada kegiatan prasiklus 50,3, siklus I 74,58 dan pada siklus II menjadi 92,5. Dari angka ini dapat dikatakan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa yang cukup baik dilihat dari hasil tesĀ prasiklus, siklus I sampai siklus II setelah dilakukan perbaikan pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.