Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Teknik Permainan Pencarian Harta Karun Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV Tahun 2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 7 Cakra Negara sebanyak 36 orang siswa, yang terdiri dari 18 orang siswa laki-laki dan 18 orang siswa perempuan dengan 2 orang guru sebagai observer. Data aktivitas siswa dan guru diperoleh melalui lembar observasi sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh dari tes evaluasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 46 dengan kategori cukup aktif dan mengalami peningkatan pada siklus II yakni memperoleh skor 65 dengan kategori sangat aktif. Untuk hasil belajar siswa pada siklus I, nilai rata-rata 65,75 dengan presentase ketuntasan klasikal mencapai 66,66% dengan jumlah siswa yang tuntas yaitu 24 siswa dari 33 siswa yang mengikuti tes evaluasi dengan jumlah keseluruhan 36 siswa. Pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 90,13 dengan presentase ketuntasan klasikal mencapai 91,66% dengan jumlah siswa yang tuntas yaitu 33 siswa dari 36 siswa yang mengikuti tes evaluasi. Hasil ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan teknik permainan pencarian harta karun dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN 7 cakra negara tahun pelajaran 2017/2018.
Keywords
Teknik permainan pencarian harta karun, aktivitas dan hasil belajar IPS
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.