Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Make A Match Pada Siswa Kelas III SDN 4 Kedungbanteng

Dwi Wulandari

Abstract

Metode Make A Match adalah metode yang dapat memupuk kerja sama siswa dalam menjawab pertanyaan dengan mencocokkan kartu soal dan kartu jawaban. Proses pembelajaran ini lebih menarik karena siswa mencari pasangan sambil belajar mengenai suatu konsep atau topik dalam suasana yang menyenangkan. Tujuan perbaikan ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode Make A Match. Penerapan model ini dimulai dengan tehnik, yaitu siswa disuruh mencari pasangan kartuyang merupakan jawaban atau soal sebelum batas waktunya, siswa yang dapat mencocokkan kartunya diberi poin. Model Make A match dalam penggunaannya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu diperhatikan guru sebelum menggunakanya. Adapun kelebihannya yaitu mampu menciptakan susasana aktif dan menyenangkan,materi pembelajaran yang disampaikan lebih menarik perhatian siswa, suasana kegembiraan akan tumbuh dalam proses pembelajaran, kerja sama antar siswa terwujud dengan dinamis. Kekurangan model Make A match yaitu diperlukan bimbingan dari guru untuk melakukan kegiatan, waktu yang tersedia perlu dibatasi jangan sampai siswa terlalu banyak bermain – main dalam proses pembelajaran.

Keywords

Make A Match, hasil belajar IPA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.