Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Matematika siswa sekolah dasar yang dibelajarkan dengan pendekatan problem based learning. Tujuan penelitian ini unuk memperoleh hasil diskripsi tentang penerapan pendekatan Problem Based Learning dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa serta mengetahui peningkatan dalam keampuan pemecahan masalah matematika pada siswa sekolah dasar. Hasil penelitian ini (1) proses pembelajaran tematik yang dilakukan dengan pendekatan Problem Based Learning siswa berlangsung aktif. (2) pembelajaran yang dilakukan meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan Transfer Knowledge.(3) meningkatkan kemampuan siswa untuk berfikir kritis. (4) meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah ( problem Solving). Dengan menerapkan pendekatan PBL, siswa tak hanya belajar dari teks tertulis, tetapi juga dari video serta diberi kesempatan terbuka untuk mencari data, materi dari sumber lainnya. Pembelajaran tematik dengan pendekatan pembelajaran PBL layak dijadikan praktik baik pembeljaran berorientasi HOTS karena dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan transfer pengetahuan, berpikir kritis, dan pemecahan masalah. Dengan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) secara sistematis dan cermat, pembelajaran tematik dengan model pembelajaran PBL yang dilaksanakan tidak sekadar berorientasi HOTS, tetapi juga mengintegrasikan PPK, literasi, dan kecakapan abad 21.
Keywords
problem based learning, kemampuan pemecahan masalah, berfikir kritis
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.