Peningkatan Motivasi Belajar PKn Melalui Penggunaan Media Film Pada Siswa kelas II di SD Negeri Ungaran 02 Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang

Sigit Setia Adi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas II SD NEGERI UNGARAN 02 melalui penggunaan media film pada mata pelajaran PKn. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II di SD NEGERI UNGARAN 02 yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media film dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas II SD NEGERI UNGARAN 02. Hasil skala menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar dari pratindakan yaitu 23,53% menjadi 50% pada siklus I dan meningkat pada siklus II menjadi 88,23%. Pencapaian 88,23% siswa yang memiliki motivasi dengan kategori minimal baik sudah memenuhi kriteria keberhasilan yang ditetapkan, yaitu 75%. Sejalan dengan itu, hasil data observasi aktivitas dan siswa selama kegiatan pembelajaran melalui penggunaan media film juga menunjukkan peningkatan, yaitu 41,185% dari siklus I menjadi 90,6% pada siklus II. Data observasi aktivitas dan peranan guru juga mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan pelaksanaan kegiatan pembelajaran menggunakan media film dari kegiatan awal, inti hingga akhir yang lebih baik melalui penggunaan media film.

Keywords

Motivasi belajar, media film, PKn

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.