Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa

Yuyun Yuningsih

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada muatan pelajaran IPS di sekolah dasar kelas V dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak dua siklus, dengan setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Tahapan setiap siklusnya adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Setiap pertemuan dilakukan pre test dan post test untuk mengetahui perkembangan peserta didik. Pada siklus I peserta didik yang tuntas setelah melaksanakan post test  sebesar 78 %. Pada siklus II peserta didik yang tuntas melaksanakan post test sebesar 92 %. Hasil ini menunjukan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik khususnya muatan pelajaran IPS kelas V di SD Negeri 2 Sukamaju

Keywords

Hasil belajar, problem based learning, IPS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.