Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada muatan pelajaran IPS di sekolah dasar kelas V dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak dua siklus, dengan setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Tahapan setiap siklusnya adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Setiap pertemuan dilakukan pre test dan post test untuk mengetahui perkembangan peserta didik. Pada siklus I peserta didik yang tuntas setelah melaksanakan post test sebesar 78 %. Pada siklus II peserta didik yang tuntas melaksanakan post test sebesar 92 %. Hasil ini menunjukan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik khususnya muatan pelajaran IPS kelas V di SD Negeri 2 Sukamaju
Keywords
Hasil belajar, problem based learning, IPS
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.