Learning Model Number Heads Together and Critical Thinking

Eka Sulistianingsih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi, aktivitas, dan kemampuan berfikir kritis siswa dengan mengimplementasikan tahap-tahap dalam model pembelajaran kooperatif tipe number heads together. Strategi penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 dan tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, serta refleksi dan verifikasi. Yang menjadi subjek penelitian adalah siswa  kelas IV SD Negeri 1 Megugede, sedang objeknya adalah pembelajaran materi siklus hidup hewan yang termasuk dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Hasil penelitian menunjukkan penerapan tahap-tahap dalam model pembelajaran kooperatif tipe number heads together, yaitu meliputi tahap membedakan opini dan fakta, penyaringan informasi, serta melihat sudut pandang pendapat orang lain. Hal ini dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa kelas IV SD Negeri 1 Megugede. Model pembelajaran kooperatif tipe number heads together dapat meningkatkan semangat dan semakin termotivasi selama proses memperhatikan sudut pandang orang lain guna menyaring informasi yang berguna bagi siswa (mendapat nilai minimal 65) dari siklus pertama hingga ketiga.

Keywords

Model Pembelajaran Number Heads Together dan Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.