Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Walahar II Melalui Model Pembelajaran CTL
Abstract
Meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Walahar II melalui model pembelajaran CTL. Tujuan dari penelitianini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa Kelas V SDN Walahar II setelah mendapat pembelajaran melalui model pembelajaran kontekstual (CTL). Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptip yaitu jenis penelitian tindakan kelas. Tahapan setiap siklusnya adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Walahar II Klari Karawang. Terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Sumber data dari penelitian ini adalah observasi dan hasil tes tertulis. Pada siklus 1 siswa yang tuntas melaksanakan post tes adalah 58,5 %. Pada siklus II siswa yang tuntas melaksanakan post tes adalah 88,2%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Keywords
Hasil belajar, CTL, Matematika
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.