Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia Melalui Budaya Membaca Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar

Nova Susanti

Abstract

Budaya membaca dapat mengurangi perilaku negatif pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa melalui budaya membaca dapat meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia dan untuk mengetahui cara meningkatkan minat membaca agar keterampilan berbahasa Indonesia pada siswa dapat meningkat Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan ( Action Research) berdasarkan pendekatan Naturalistik Kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan ulanga harian yang telah dilaksanakan telah ada peningkatan hasil belajar daripada pertemuan sebelum dilaksanakan penelitian walaupun kenaikan belum signifikan. Setelah diadakan penelitian, dari hasil ulangan harian tersebut nilai rata-rata 78.1. Berdasarkan penulisan dan pembahasan dari penelitian maka dapat disimpulkan bahwa hasil proses belajar sebelum tumbuh minat membaca mencapai nilai rata-rata 63,4%. Setelah termotivasi dari penelitian, refleksi dan rekomendasi nilai rata-rata mencapai 81,4%, berarti ada peningkatan 18%. Maka Budaya Membaca dapat meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia Pada Siswa Kelas II  Sekolah Dasar.

Keywords

Budaya, minat, Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.