Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Kreasi Model Permainan “Cipta Kuis Tebak-Tebakan Adik Simba” pada Pelajaran Bermuatan Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial

Lini Yulliyanti

Abstract

Pelaksanaan kurikulum 2013, mengharuskan guru melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Dalam upaya perbaikan pembelajaran, guru perlu melakukan refleksi diri dan mengamati situasi selama pembelajaran berlangsung. Dari sini penulis menemukan sebuah gagasan untuk meningkatkan ketrampilan berpikir kritis siswa melalui kreasi permainan dengan nama “Cipta Kuis Tebak-tebakan ADIK SIMBA”.Hasil kajian dari pembahasan menunjukkan adanya kesesuaian/ relevansi dari gagasan penulis dengan teori pendekatan saintifik. Dari aktifitas permainan edukasi ini juga menunjukkan relevansinya dengan tori peningkatan ketrampilan berpikir kritis yang disampaikan Mira Azizah, dkk. (2019), dimana menunjukkan proses kognitif siswa dalam menganalisis secara sistematis, spesifik atas masalah yang dihadapi, membedakan masalah dengan teliti, serta mengidentifikasi dan mengkaji informasi berdasarkan klasifikasi pertanyaan dasar ADIK SIMBA. Sesuai pembahasan, dapat dibuat simpulan bahwa ketrampilan berpikir kritis siswa pada pelajaran bermuatan ilmu pengetahuan alam dan ilmu pengetahuan sosial dapat ditingkatkan melalui kreasi model permainan “Cipta Kuis Tebak-tebakan ADIK SIMBA”

Keywords

Permainan, kuis, ADIK SIMBA, ketrampilan berpikir kritis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.