Hubungan Antara Metode Pembelajaran Problem Beased Learning Dengan Minat dan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Kelas Dua

Lilin Nurdaniyah

Abstract

Pembelajaran pada Bahasa Indonesia khususnya mendiskripsikan sebuah gambar ke dalam sebuah kalimat sederhana merupakan salah satu Kendala yang dialami peserta didik. Banyak peserta didik mengalami kesulitan dalam menngungkapkan sebuah kalimat dengan bahasnya sendiri. Hal ini yang melatarbelakangi penulis untuk mengajarkan menulis kembali dengan melihat gambar melalui metode pembelajaran Problem beased learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiman efektifitas metode pembelajaran based learning pada pengajaran mendiskripsikan sebuah gambar kedalam sebuah kaliamat sederhana.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Konstruktif. Peserta didik dalam penelitian di SDN 1 Cangkring berjumlah 13 peserta didik. Peserta didik secara rutin bekerja dalam kelompok untuk saling membantu memecahakan masalah-masalah yang kompleks.akan tetapi yang lebih menekankan pengajaran individual meskipun tetap menggunakan pola kooperatif.

Berdasarkan hasil analisis data, hasil utama dari penelitian ini adalah: peserta didikĀ  yang memperoleh pembelajaran Probelem Based Learning lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang memperoleh pembelajaran secara konvensional.

Keywords

Memunculkan, minat, belajar , peserta didik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.