Peningkatan Kemampuan Berhitung Operasi Pengurangan Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri)

Lilis Kurniasari

Abstract

Matematika merupakan kekuatan utama dalam membentuk konsep tentang

alam. Penggunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari telah menunjukkan hasil nyata seperti dasar bagi desain ilmu teknik perhitungan untuk pembangunan  antariksa. Matematika sebagai ilmu dasar perlu digunakan sejak dini untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, kritis, sistematis, kreatif, dan analitis serta kemampuan bekerja sama. Dalam proses pembelajaran matematika, keberhasilan belajar matematika tidak terlepas dari persiapan peserta didik dan guru. Seorang guru yang akan mengajarkan matematika kepada peserta didiknya harus mengetahui dan memahami objek yang akan diajarkannya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) meliputi: prinsip, karakteristik, konsep peserta didik PMR, langkah-langkah PMR, kelebihan dan kekurangan PMR. Hasil penelitian ini adalah melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR) yang dilakukan peserta didik belajar penjumlahan dan pengurangan dengan lebih bermakna sehingga mampu mengembangkan kepekaan bilangan sesuai dengan tingkatan pendidikannya.

Keywords

Kemampuan berhitung, matematika, pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.