Problem Based Learning Pada Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar

Maylatu Nova Rieschka

Abstract

Pembelajaran IPA di sekolah dasar dapat mengembangkan serta melatih siswa untuk dapat memecahkan berbagai permasalahan yang berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip, tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Model pembe lajaran yang digunakan adalah model PBL. Dasar penulisan artikel ini persumber pada penerapan model belajar Problem Based Learning yang bertujuan agar peserta didik di Sekolah Dasar mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Penulisan artikel ini bertujuan agar penerapan Problem Based Learning pada pembelajaran IPA mampu meningkatkan kualitas peserta didik di Sekolah Dasar 14 Manis Mata. Hasil yang diperoleh pada penerapan Problem Based Learning sangat efektif dalam menalar serta meningkatkan minat belajar peserta didik. Simpulan; ada pengaruh model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar IPA  siswa kelas V SDN 14 Manis Mata. Saran bagi para guru untuk menerapkan model pembelajaran yang inovatif, antara lain dengan PBL yang telah terbukti dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.

Keywords

PBL, IPA, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.