Penerapan Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Pembagian Bilangan

Tri Wijayanti

Abstract

Berdasarkan observasi yang peneliti lakukan di lapangan terlihat bahwa pembelajaran matematika yang dilakukan masih berpusat pada guru. Model pembelajaran cenderung menitik beratkan pada komunikasi search, aktivitas siswa untuk aktif dalam kegiatan belajar kurang dan pola belajar mereka cenderung menghafal. Materi yang diberikan guru kurang dikaitkan dengan dunia nyata siswa. Kenyataan tersebut merupakan masalah yang harus ditangani dan dipecahkan oleh guru dan pihak terkait lainnya. Untuk dapat membuat siswa tertarik dan mengerti dalam kegiatan pembelajaran, salah satunya adalah dengan menghubungkan materi yang dipelajari dengan dunia nyata siswa. Dari permasalahan tersebut peneliti melakukan upaya perbaikan dengan menerap kan pendekatan konstektual pada pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pembelajaran kontekstual adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara metode yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa untuk membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari.Tujuan Utama dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran yang dilaksanakan dengan pendekatan kontekstual pada materi pembagian bilangan.

Keywords

Pendekatan kontektual, pembelajaran matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.