Pentingnya Penggunaan Media Gambar Dalam Peningkatan Hasil Belajar Ips Siswa

Ewen Junarta

Abstract

Abstrak dalam bahasa Indonesia mengikuti kaidah dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI)Pada proses pembelajaran, media gambar memengaruhi hasil belajar siswa. Maka rendahnya hasil belajar IPS salah satunya dapat dipengaruhi karena kurangnya media gambar pada kegiatan belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Mata Pelajaran IPS melalui pemanfaatan Media Gambar Pada Siswa Kelas V Semester II Tahun Ajaran 2019/2020 SDN 3 Gantong Belitung Timur dan mengetahui besarnya pengaruh media gambar terhadap hasil belajar IPS pada siswa tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan metode pembelajaran berbasis masalah. Penelitian  dilakukan menggunakan lembar observasi berupa kuis pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara media gambar dan hasil belajar IPS siswa kelas V. Tingkat keberhasilan siswa mencapai sebesar 93,33 %, atau naik 33,33 % dari awalnya yang hanya mencapai 66,66  %. Berdasarkan observasi dan pembahasan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara media gambar dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 3 Gantong tahun ajaran 2019/2020.

Keywords

Media gambar, hasil belajar, IPS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.