Pembelajaran Literasi Sains Melalui Pemanfaatan Lingkungan Sekitar
Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang disebabkan oleh perkembangan abad ke-21, membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas, andal, dan berdaya saing global. Salah satu keterampilan yang dibutuhkan di abad 21 adalah literasi sains. Literasi sains adalah keterampilan untuk menggunakan pengetahuan, mengidentifikasi pertanyaan, dan mengambil kesimpulan berdasarkan bukti-bukti untuk memahami dan membuat keputusan tentang alam dan perubahan yang dilakukan terhadap alam oleh aktivitas manusia. Literasi sains di sekolah dapat diciptakan dan dikembangkan dengan pemanfaatan lingkungan. Siswa mengamati dan melakukan kegiatan ilmiah sederhana, mereka dapat langsung berinteraksi dan memanfaatkan lingkungan sebagai bahan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pelaksanaan pembelajaran literasi sains dengan memanfaatkan lingkungan sekitar dan mengetahui manfaat lingkungan dalam mengembangkan kemampuan literasi sains siswa. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan menganalisis sumber-sumber yang terkait dengan penelitian ini. Siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran dan lebih memahami pembelajaran literasi sains karena dekat dengan lingkungan sekitar. Dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan lingkungan sesuai untuk pembelajaran literasi sains.
Keywords
Literasi ilmiah, pembelajaran, lingkungan sekitar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.