Improvement of Student Learning Outcomes in Analysis of Heavy Standard Units Through Model Problem Based Learning Assisted with Audio Visual Media

Selvia Dwi Ariyanti

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam menganalisis
satuan baku berat melalui model Problem Based Learning berbantuan media audio visual.
Pelaksanaan penelitian dilakukan menggunakan model problem based learning yang
dilaksanakan secara bertahap, yaitu melalui siklus I dan siklus II, setiap siklus terdiri tahap
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi dan test. Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif komparatif. Dari
penelitian ini dapat diketahui hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Matematika satuan
baku berat semakin meningkat. Hal ini dibuktikan dari hasil belajar yang diperoleh yaitu
persentase ketuntasan belajar pada siklus I 37,5%, pada siklus II persentase ketuntasan
belajarnya 93,5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan pembelajaran
model problem based learning berbantuan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar
Matematika satuan baku berat pada peserta didik kelas III.


Keywords

Problem based learning, hasil belajar, satuan baku berat

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.