Improvement of Indonesian Language Learning Outcomes through the Zoom Meeting Assisted Project Based Learning (PjBL) Learning Model
Abstract
Tujuan dari penelitian ini meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas
III dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan Zoom
Meeting.Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) sebanyak dua
siklus, Dengan setiap siklusnya teridiri dari satu pertemuan. Tahapan setiap siklusnya adalah
perencanaan, pelaksanaan, observasi dan reflex. Setiap pertemuan dilakukan pre test dan post
test untuk mengetahui perkembangan peserta didik. Pada siklus I peserta didik yang tuntas
setelah melaksanakan post test sebesar 60%. Pada siklus II peserta didik yang tuntas setelah
melaksanakan post test sebesar 90%. Hasil ini menunjukan bahwa model pembelajaran
Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik khususnya mupel
Bahasa Indonesia Kelas III di SDN I Kutayasa.
III dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan Zoom
Meeting.Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) sebanyak dua
siklus, Dengan setiap siklusnya teridiri dari satu pertemuan. Tahapan setiap siklusnya adalah
perencanaan, pelaksanaan, observasi dan reflex. Setiap pertemuan dilakukan pre test dan post
test untuk mengetahui perkembangan peserta didik. Pada siklus I peserta didik yang tuntas
setelah melaksanakan post test sebesar 60%. Pada siklus II peserta didik yang tuntas setelah
melaksanakan post test sebesar 90%. Hasil ini menunjukan bahwa model pembelajaran
Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik khususnya mupel
Bahasa Indonesia Kelas III di SDN I Kutayasa.
Keywords
Project Based Learning, hasil belajar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.