Improvement of Thematic Learning Outcomes through Problem Based Learning Model in Class III Theme 3 Students SDN 1 Kebondalem
Abstract
Tujuan dari penelitian ini meningkatkan kualitas pembelajaran Tematik siswa kelas III
dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) berbantuanMedia Power
Point.Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) sebanyak dua siklus,
Dengan setiap siklusnya teridiri dari satu pertemuan. Tahapan setiap siklusnya adalah
perencanaan, pelaksanaan, observasi dan reflex. Setiap pertemuan dilakukan pre test dan post
test untuk mengetahui perkembangan peserta didik. Pada siklus I peserta didik yang tuntas
setelah melaksanakan post test sebesar 60%. Pada siklus II peserta didik yang tuntas setelah
melaksanakan post test sebesar 90%. Hasil ini menunjukan bahwa model pembelajaran
Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik khususnya mupel
Tematik Tema :3 Benda di Sekitarku Kelas III di SDN I Kebondalem
dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) berbantuanMedia Power
Point.Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) sebanyak dua siklus,
Dengan setiap siklusnya teridiri dari satu pertemuan. Tahapan setiap siklusnya adalah
perencanaan, pelaksanaan, observasi dan reflex. Setiap pertemuan dilakukan pre test dan post
test untuk mengetahui perkembangan peserta didik. Pada siklus I peserta didik yang tuntas
setelah melaksanakan post test sebesar 60%. Pada siklus II peserta didik yang tuntas setelah
melaksanakan post test sebesar 90%. Hasil ini menunjukan bahwa model pembelajaran
Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik khususnya mupel
Tematik Tema :3 Benda di Sekitarku Kelas III di SDN I Kebondalem
Keywords
hasil belajar, problem based learning
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.