The Enhancement of Problem-Solving Using Jigsaw Learning Model in The Geometruc Material on The 5th Grade at SDN 1 Petir

Sri Mulyati

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pada
materi bangun ruang peserta didik kelas V SDN 1 Petir dengan mengimplementasikan model
pembelajaran jigsaw. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian
dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan yang terdiri atas
perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa
kelas V SDN 1 Petir yang berjumlah 36 peserta didik. Sumber data berasal dari guru dan
peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, tes dan
dokumentasi. Validitas data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data
menggunakan model analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
persentase ketuntasan klasikal pratindakan, siklus I yang semula yaitu 38% meningkat menjadi
75% dan pada siklus II menjadi meningkat ke dalam presentase 91,6%. Aspek pada indikator
penelitian ini yaitu aspek memahami masalah dan merencanakan penyelesaian sebesar 91,6%,
aspek melaksanakan perencanaan penyelesaian sebesar 86,1%, aspek memeriksa kembali
sebesar 78,89%. Peningkatan keterampilan pemecahan masalah menggunakan model
pembelajaran jigsaw yang diterapkan pada peserta didik kelas V SD N 1 Petir meningkat yang
semula pada siklus I yaitu 2,84 menjadi 3,50 pada siklus II dan dapat dikategorikan sangat baik.


Keywords

igsaw, keterampilan pemecahan masalah

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.