Penerapan Alat Peraga Papan Berpaku untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Persegi dan Persegi Panjang

Siti Yunia, Yusuf Suryana, Winarti Dwi Febriani

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep persegi dan persegi panjang dalam pembelajaran matematika  menggunakan alat peraga papan berpaku pada siswa kelas III SDN 3 Sukamanah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran dan proses pelaksanaan pembelajaran matematika pada setiap siklus mengalami peningkatan. Perencanaan pembelajaran pada siklus I mencapai persentase sebesar 79,46%. Pada siklus II mencapai persentase sebesar 89,28% dan pada siklus III mencapai perentase sebesar 96,43%. Hasil pengamatan kemampuan pemahaman konsep persegi dan persegi panjang  pada siklus I mencapai persentase sebesar 58%. Pada siklus II sebesar 86,54% dan pada siklus III mencapai persentase 98%. Proses belajar belum optimal sebelum digunakannya alat peraga papan berpaku, hal ini dapat dilihat dari nilai hasil tes kemampuan pemahaman konsep persegi dan persegi panjang  pra tindakan yang mencapai 25%. Data yang diperoleh pada siklus I mencapai  44%, pada siklus II mencapai 69% dan pada siklus III mencapai 88%.  Berdasarkan data peningkatan dari setiap siklus, pembelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga papan berpaku dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep persegi dan persegi panjang di kelas III SDN 3 Sukamanah Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019.

Keywords

Papan Berpaku, Persegi, Persegi Panjang

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.