Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Operasi Penjumlahan Bilangan Bulat dengan Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Head Together

Fitria Puspitasari, Yusuf Suryana, Geri Syahril Sidik

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada operasi penjumlahan bilangan bulat dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan: 1) peneliti memberikan soal pre test; 2) peneliti melaksanakan tindakan model pembelajaran NHT; 3) siswa diberikan soal post test; 4) peneliti merefleksi kegiatan penelitian untuk perbaikan siklus selanjutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pre test  ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 29% dengan rata-rata skor 53,33. Siklus I dan siklus II memperlihatkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Data yang diperoleh dari hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 67% dengan rata-rata skor 72,38. Siklus II mencapai 95% dengan rata-rata skor 90,48. Peningkatan rata-rata skor hasil belajar siswa mencapai 18,1 poin. Berdasarkan data peningkatan dari setiap siklus, pembelajaran matematika dengan menggunakan model NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada operasi penjumlahan bilangan bulat di Kelas IV  SDN Sindangheula Kecamatan Cibalong Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019.

Keywords

Hasil Belajar, Model Pembelajaran NHT

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.