Identifikasi model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa berdasarkan gaya belajar

Fany Riyanawati, Dewi Fitri Yanti, Natasya Zulfa, Sofyan Iskandar

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa berdasarkan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Penelitian ini menggunakan metode observasi pustaka untuk menganalisis model pembelajaran yang paling efektif dan tepat untuk setiap gaya belajar siswa. Temuan penelitian menunjukkan bahwa menyesuaikan instruksi dengan gaya belajar siswa cenderung meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar mereka, yang pada akhirnya mengarah pada peningkatan kinerja akademik. Oleh karena itu, guru disarankan untuk menerapkan pendekatan pengajaran yang bervariasi dan adaptif yang memenuhi kebutuhan gaya belajar siswa yang beragam untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektif dan bermakna.

Keywords

learning style, learning model

Full Text:

PDF

References

U. Ilyas, A. S. Saumur, and B. Tawary, “Manajemen pengelolaan dana filantropi pendidikan yayasan robet peduli berbasis moderasi beragama universitas halmahera,” pp. 439–450, 2025, doi: 10.30868/im.v7i02.8151.[2] H. Chantika, W. Hanim, and U. Hasanah, “Teori Pembelajaran Berdiferensiasi Dan Pengaruhnya Dalam Mengidentifikasi Gaya Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar,” Innov. J. Soc. Sci. Res., vol. 4, no. 3 SE-Articles, pp. 13896–13907, 2024, [Online]. Available: https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/12041[3] F. A. Orji and J. Vassileva, “Automatic modeling of student characteristics with interaction and physiological data using machine learning: A review,” Front. Artif. Intell., vol. 5, 2022, doi: 10.3389/frai.2022.1015660.[4] Sulistyarini and J. A. Dewantara, “Prolematika Pendidikan di Indonesia: Pengaruh Teknologi Dalam Perkembangan Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan,” J. Kewarganegaraan, vol. 7, no. 1, pp. 512–519, 2023.[5] Mulyani F and Haliza N, “Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan,” J. Pendidik. Dan Konseling, vol. 3, no. 1, pp. 101–109, 2021.[6] R. Wulandari, “DAMPAK PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN,” J. PGSD Indones., vol. 9, no. 2, pp. 66–76, 2023, doi: 10.24036/jpol.v2i1.20.[7] D. Supit, M. Melianti, E. M. M. Lasut, and N. J. Tumbel, “Gaya Belajar Visual, Auditori, Kinestetik terhadap Hasil Belajar Siswa,” J. Educ., vol. 5, no. 3, pp. 6994–7003, 2023, doi: 10.31004/joe.v5i3.1487.[8] N. I. Larasati and N. Widyasari, “Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Terhadap Peningkatan Pemahaman Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar,” FIBONACCI J. Pendidik. Mat. dan Mat., vol. 7, no. 1, p. 45, 2021, doi: 10.24853/fbc.7.1.45-50.[9] S. S. Budi, N. Suhaili, and I. Irdamurni, “199-493-1-Pb,” J. Educ. Learn. Stud., vol. 4, no. 2, pp. 232–236, 2021.[10] S. Agil, R. Wijaya, H. Mahfud, and A. Surya, “Tingkat kompetensi literasi digital ditinjau dari gaya belajar peserta didik sekolah dasar muatan globalisasi,” no. 449, pp. 468–472.[11] C. Fatharani, I. Irvan, and Z. Azis, “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa,” J. Math. Educ. …, no. 3, pp. 36–46, 2024, [Online]. Available: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/jmes/article/view/18579[12] B. K. Ardhana, I. Siti, and and A. F. Purnama, “Peningkatan Pemahaman Mata Pelajaran IPAS Materi Indonesiaku Kaya Raya melalui Model Problem Based Learning pada kelas 5 SDN 2 Kuwarisan,” Didakt. Dwija Indria, vol. 13, no. 2, pp. 79–300, 2024.[13] L. L. N. Bariyah and M. K. Sugandi, “Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Konsep Ekosistem,” Semin. Nas. Pendidik., pp. 135–144, 2022.[14] P. K. Nurjannah, “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Materi Perubahan Wujud Benda Di Kelas Iv Sd Quantum School Medan Tp 2023/2024,” Dr. Diss. Univ. Qual., vol. 1, no. 1, 2024.[15] A. Fadia, A. Fatikhah, M. Pd, D. Y. Saputri, S. Pd, and M. Pd, “Keefektifan model guided inquiry terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas v pembelajaran ipas materi organ pernapasan di sekolah dasar,” pp. 229–235, 2013.[16] G. Awan, S. Aji, N. R. Jannah, D. Salsabila, and P. Andy, “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Gaya Belajar Auditorial Terhadap Hasil Belajar Di Sekolah Dasar,” pp. 126–139, 2022.[17] M. D. Ma’ruf, Yasin, and F. S. Wahid, “Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Problem Based Learning (Pbl) Pada Mata Pelajaran Ipas Kelas Iv,” J. Rev. Pendidik. dan Pengajaran, vol. 7, pp. 93–113, 2024, [Online]. Available: https://jurnal.penerbitdaarulhuda.my.id/index.php/MAJIM/article/view/2297[18] I. Zulkarnain, “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika,” PTK J. Tindakan Kelas, vol. 4, no. 1, pp. 149–157, 2023, doi: 10.53624/ptk.v4i1.298.[19] I. L. Telaumbanua et al., “IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN GAYA BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS teoritis , namun juga memiliki keterampilan praktis yang dapat diterapkan dalam berbagai dasar dan kepribadian siswa . Salah satu muatan utama pendidikan sekolah dasar adalah sains,” vol. 5, no. 4, pp. 4628–4638, 2024.[20] F. Sova, “Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning (PjbL) Dan Gaya Belajar terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SMK,” J. Edukasi Mat. dan Sains), vol. 10, no. 2, pp. 431–441, 2022, doi: 10.25273/jems.v10i2.15682.[21] A. C. Yusro and R. Ardania, “Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Model PjBL dengan Media Kartu,” J. Inov. Pendidik. Sains, vol. 4, no. 1, pp. 1–9, 2023, doi: 10.37729/jips.v4i1.3109.[22] R. J. and G. Yulistiadi, “Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) terhadap Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa,” Melior J. Ris. Pendidik. dan Pembelajaran Indones., vol. 3, no. 2, pp. 67–75, 2023, doi: 10.56393/melior.v3i2.1829.[23] J. Ulfa, “EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI,” FTIK UIN Syarif Hidayatullah jakarta, vol. 15, no. 1, pp. 37–48, 2024.[24] N. P. Ristiani, B. Mulyani, and A. Supurwoko, “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VII Materi Pesawat Sederhana,” Edu-Sains, vol. 27, no. 2, pp. 635–637, 2021.[25] A. F. Nurhaswinda, Rahmi Gusliana, Aisyah, Khairiyatun Nisa’, Salma Juita HR, Zahra Juliyanti Putri Naimun, “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Rasa Ingin Tahu Siswa Sekolah Dasar,” Pendidik. Sos. dan Hum., vol. 2, no. 3, pp. 10111–10121, 2023, [Online]. Available: https://publisherqu.com/index.php/pediaqu

Refbacks

  • There are currently no refbacks.