PROSES PEMBAYARAN KLAIM ASURANSI KENDARAAN BERMOTOR BAGI TERTANGGUNG (Studi di Brins General Insurance Cabang Yogyakarta)
Abstract
Abstract
This article aims to explaining completion of the insurance claim payment motorized vehicles for insured in
BRINS General Insurance Branch Yogyakarta. This study examines the problems, firstly how the rejection
of motor vehicle insurance claims and settlement of payments for the insured at BRINS General Insurance
Branch Yogyakarta. Secondly, does the rejection of claims occurring at BRINS General Insurance Branch
Yogyakarta is in accordance with the laws and regulations. This research is an empirical normative legal
research that is descriptive. Secondary data types include primary and secondary legal materials. Data
collection techniques used are literature study and interview, then the analysis technique used is qualitative
method. The results showed that the call to pay motor vehicle insurance at BRINS Branch Yogyakarta
General Insurance is done through the stages, also using Article 31 paragraph (3) of Law Number 40
Year 2014 as a guidance that is handling risk quickly, easily, easily accessed and fair. The settlement
of insurance claim payment at BRINS Branch Yogyakarta Public Insurance is based on the existing
provisions of Law Number 40 Year 2014 regarding the rules of implementation in the OJK Regulations,
the Book of Commercial Law, the Civil Code and the Standard of Motor Vehicle Insurance Indonesia. It
can be proved by Article 29 paragraph (2) and paragraph (3) of OJK Regulation No. 69/POJK.05/2016
that the premium payment has been made which resulted in the responsibility of the Insurer.
Keywords: Payments; claims; agreements; motor vehicles
Abstrak
Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan penyelesaian pembayaran klaim asuransi kendaraan bermotor di
BRINS General Insurance Cabang Yogyakarta. Penelitian ini mengkaji permasalahan, pertama bagaimana
penolakan klaim asuransi kendaraan bermotor dan penyelesaian pembayarannya bagi tertanggung di
BRINS General Insurance Cabang Yogyakarta. Kedua, apakah penolakan klaim yang terjadi di BRINS
General Insurance Cabang Yogyakarta sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Penelitian
ini adalah penelitian hukum normatif empiris yang bersifat deskriptif. Jenis data sekunder meliputi bahan
hukum primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan
dan wawancara, selanjutnya teknik analisis yang digunakan adalah metode kualitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penyelesaian pembayaran klaim asuransi kendaraan bermotor di BRINS General
Insurance Cabang Yogyakarta dilakukan melalui tahapan yang telah ditentukan, serta menjadikan
Pasal 31 ayat (3) Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2014 sebagai pedoman yaitu penanganan klaim
secara cepat, sederhana, mudah diakses, dan adil. Penyelesaian pembayaran klaim asuransi di BRINS
General Insurance Cabang Yogyakarta dilakukan berdasarkan perundang-undangan yang ada yaitu
Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2014 beserta peraturan pelaksanaannya dalam Peraturan OJK, Kitab
Undang-Undang Hukum Dagang, Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, serta Polis Standar Asuransi
Kendaraan Bermotor Indonesia.Hal ini dapat dibuktikan melalui Pasal 29 ayat (2) dan ayat (3) Peraturan
OJK Nomor 69/POJK.05/2016 bahwa apabila pembayaran premi telah dilakukan maka pembayaran
klaim asuransi yang timbul merupakan tanggung jawab Penanggung.
Kata Kunci : Pembayaran; klaim; perjanjian; kendaraan bermotor
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.